Update Berita Terbaru 2019

Monday, January 14, 2019

On January 14, 2019 by Muhammad Mirajudin in ,    No comments

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara yakin bila perkembangan startup Indonesia di masa depan. Perkembangan itu seiring dengan upaya pemerintah percepat ekosistem ekonomi digital bersama seluruh pemangku kepentingan. Bahkan dia percaya diri jika Indonesia bakal memiliki 5 unicorn dan 1 decacorn di tahun depan.

"Indonesia akan memiliki lima unicorn dan satu decacorn tahun depan. Unicorn adalah istilah untuk perusahaan start-up yang memiliki valuasi minimal USD1 Miliar. Sedangkan decacorn valuasinya minimal USD10 Miliar," katanya seperti dilansir dari laman resmi Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo).

Lebih lanjut, pria yang akrab disapa Chief RA ini mengatakan ada 7 perusahaan berkategori unicorn di Asean. Dari ke-7 nya itu, 4 di antaranya ada di Indonesia. Sedangkan, tiga sisanya berasal dari luar Indonesia.

"Pada 2014-2015 belum ada unicorn, adanya baru pada 2017. Kenapa? Karena pemerintah mengakselerasi dan memfasilitasi teknologi digital. Jadi Indonesia ini sangat luar biasa dalam pengembangan ekonomi digital," katanya.

Dikatakannya, nantinya pada tahun 2030 diperkirakan total transaksi ekonomi digital negeri ini mencapai USD 130 miliar. Besarnya nilai itu, lantaran gaya hidup masyarakat yang tidak akan lepas dari gadget. Maka itu, potensi ini harus digunakan para pemain startup sebaik mungkin.

0 comments:

Post a Comment