Update Berita Terbaru 2019

Saturday, February 23, 2019

On February 23, 2019 by mirajudin in , ,    No comments

Resep MPASI banyak dicari para ibu muda yang belum berpengalaman memberikan MPASI untuk anak. Memang terdengar sederhana, namun tentu Anda khawatir salah cara dalam memberikan makanan pada si kecil. Kendati demikian jangan terlarut dalam kebingungan dan kekhawatiran ya, sebab kini sudah tersedia banyak referensi yang dapat Anda jadikan panduan dalam memberikan MPASI untuk si kecil.

Pada tahapan MPASI, nanti Anda juga akan mengenal MPASI 4 bintang. MPASI 4 bintang di sini adalah makanan yang mengandung karbohidrat, protein hewani, protein nabati, dan sayur yang dapat membantu tumbuh kembang bayi Anda. 

Lalu apa saja pilihan resep MPASI 4 bintang yang perlu Anda ketahui? Berikut penjelasannya.

1. Bubur Beras Merah Kaya Karbohidrat

Bubur beras merah menjadi salah satu resep yang baik untuk dikonsumsi bayi Anda. Kandungan karbohidrat dan glukosa yang tinggi dalam beras merah ini dapat membantu mempercepat pertumbuhan si kecil.

Cara pengolahan beras merah pun sangat mudah. Mulailah dengan merendam beras merah hingga lunak, lalu masaklah beras merah tersebut hingga menjadi bubur. Setelah matang, Anda dapat menambahkan campuran sayur atau daging ayam sesuai dengan selera.

2. Pure Ayam Sayur

Pure ayam pun menjadi salah satu resep yang dapat Anda jadikan resep MPASI. Ayam mengandung protein hewani yang dapat membantu pembentukan sel otot bayi sekaligus menjadi salah satu sumber energi agar bayi Anda aktif bergerak.

Cara pengolahan pure ayam sayur ini sangat sederhana. Anda hanya perlu menghaluskan daging ayam yang sudah dibersihkan terlebih dahulu. Lalu Anda dapat mengombinasikannya dengan pure ayam atau bubur dan sayuran. Masaklah pure ayam terlebih dahulu dan kemudian campurkan sayur agar matang bersamaan. 

3. Bubur Kacang Hijau 

Kandungan serat yang tinggi pada protein nabati dapat melancarkan pencernaan bayi Anda. Kandungan nabati ini dapat diperoleh dari kacang hijau. Namun tekstur bubur kacang hijau yang akan diberikan pada si kecil haruslah lembut agar mudah dicerna.

Cara pengolahan bubur kacang hijau cukup sederhana. Anda hanya perlu merebus kacang hijau dalam air dengan suhu tinggi. Setelah itu haluskan kacang hijau agar teksturnya menjadi lembut. Berilah bubur kacang hijau ini cukup satu cangkir satu hari saja untuk membantu proses perkembangan buah hati Anda. Untuk porsinya sebaiknya disesuaikan dengan usia si kecil ya!

4. Olahan Bayam 

Semasa usia bayi Anda berada di angka 6 bulan ke atas, berikanlah bayi makanan yang tinggi kalsium untuk mendukung pertumbuhan tulang dan giginya. Salah satu sumber kalsium yang paling baik adalah bayam. 

Anda dapat mengolah sayur bayam ini menjadi bubur atau pure. Cara pengolahannya yaitu, pertama Anda perlu menyiapkan daun bayam yang siap diolah menjadi pure. Masukkan bayam ke dalam blender atau food processor dengan menambahkan sedikit air agar lebih mudah dihaluskan. 

Agar teksturnya menjadi lebih creamy, tambahkan sekitar 2 atau 3 sendok ASI ke dalam bayam yang sudah halus. Pure bayam pun siap disajikan.

Demikianlah beberapa resep MPASI 4 bintang yang perlu Anda ketahui. Melihat si kecil tumbuh dengan sehat dan ceria tentu menjadi kebahagiaan tersendiri bagi  Anda. Oleh karena itu pastikan Anda mendukung daya tumbuh kembang si kecil dengan memberikan asupan nutrisi yang cukup. Akan lebih baik pula jika Anda sendiri yang menyuapi si kecil pada setiap jam makan beratnya. Dengan begitu kehangatan antara Anda dan buah hati pun akan bertambah.

0 comments:

Post a Comment