Update Berita Terbaru 2019

Monday, May 27, 2019

On May 27, 2019 by mirajudin in ,    No comments

Batuk pada bayi tidak hanya menyusahkan dirinya sendiri, tapi juga membuat sang ibu khawatir. Batuk ini bisa menyebabkan sistem kekebalan bayi menjadi terganggu dan bisa terserang penyakit lain dengan mudah. Oleh karena itu, sang ibu harus segera menanganinya dengan berbagai cara alami dan juga ampuh.

1. Istirahat yang Cukup
Batuk menjadi salah satu penyakit yang sering dialami oleh bayi, selain pilek. Pada saar bayi mengalami batuk atau penyakit lainnya, biasanya mereka kurang bersemangat, kehilangan nafsu makan, gelisah dan sulit tidur. Padahal, pada kondisi ini, waktu tidur atau istirahat yang cukup sangat dibutuhkan.

Oleh karena itu, gendong bayi hingga tertidur. Jika bayi bisa tertidur dengan tenang ketika dibaringkan di ranjang, maka Anda bisa membaringkannya. Sesekali atau bahkan sering kali bayi akan terbangun karena batuk sehingga Anda bisa mendampingi anak ketika tidur sehingga bisa menenangkan nantinya. 

2. Berkumur dengan Air Garam
Batuk memang sangat menyiksa si bayi karena terkadang menyebabkan rasa sakit pada tenggorokan. Anda bisa memberikan air garam sebagai salah satu solusi untuk mengatasi batuk pada bayi. Anda bisa membuatkan air garam dari setengah sendok teh garam yang kemudian dilarutkan ke dalam segelas air hangat lalu aduk merata.

Cara menggunakannya adalah berkumur sebanyak 2-3 kali dalam sehari. Kepala bayi harus ditengadahkan agar air garam bisa samppai ke belakang tenggorokan. Namun, pastikan jika bayi Anda tidak menelan air garam tersebut karena setelah selesai, air garam bisa dibuang. Cara ini hanya bisa diajarkan pada anak berusia 4 tahun.

3. Pilih Makanan yang Meringankan Batuk
Jika batuk terjadi pada bayi berusia enam bulan atau di bawahnya, akan lebih baik jika Anda memberikan ASI atau susu formula saja. Akan tetapi, jika bayi sudah berusia setahun ke atas, maka Anda bisa memberikan makanan pendamping yang lembut untuk bayi, seperti yoghurt, pudding, saus apel atau makanan lainnya. 

Apabila bayi Anda menyukai makanan yang hangat, maka Anda bisa memberikannya kaldu ayam atau pudding yang baru jadi. Makanan ini lembut untuk tenggorokan dan mampu mengatasi batuk agar lebih reda. Dengan demikian, Anda bisa menyesuaikan pembuatan makanan ini dengan selera yang dimiliki oleh sang buah hati. 

4. Memberikan Campuran Madu
Madu memang dikenal sebagai bahan yang memiliki sejuta manfaat, salah satunya adalah untuk meredakan batuk. Pemberian campuran madu ini disarankan untuk anak berusia 1 tahun ke atas. Anda bisa memberikan sebanyak setengah sampai 1 sendok teh madu yang sudah dicampur dengan air hangat dan perasan lemon.

Dengan kandungan madu yang begitu berkhasiat ditambah dengan vitamin C pada lemon, membuat batuk si kecil bisa mereda. Setelah memberikan madu, pastikan jika Anda menggosok giginya sebelum tidur untuk menjaga kesehatan gigi karena madu mengandung gula yang cukup banyak yang bisa merusak kesehatan gigi. 

Demikian beberapa cara alami untuk mengatasi dan meredakan batuk pada bayi. Untuk mendapatkan informasi menarik lainnya, Anda bisa mengunjungi Orami Magazine di orami.co.id. 

0 comments:

Post a Comment