Update Berita Terbaru 2019

Saturday, May 4, 2019

On May 04, 2019 by mirajudin in , , ,    No comments

Rumah, sebagus apapun Anda membangunnya, suatu saat pasti membutuhkan renovasi. Baik renovasi yang bersifat memperbaiki bagian-bagian rumah yang rusak atau renovasi untuk mendesain ulang ruangan. Renovasi rumah bisa Anda tangani sendiri atau mempercayakannya kepada jasa renovasi rumah.

Renovasi rumah bukan pekerjaan sekali jadi. Ada proses dan tahapan yang harus dilalui. Mulai dari penyusunan rencana, pemilihan material bangunan, hingga eksekusi. Jangan lupakan tahap mencari tim terbaik yang akan mengerjakan renovasi. Tim ini berperan penting atas keberhasilan renovasi yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan Anda.

Meskipun terkesan lebih ringan daripada membangun sebuah rumah secara utuh, renovasi tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Apalagi tanpa perencanaan yang matang. Hanya karena bagian rumah yang akan direnovasi itu kecil, bukan berarti Anda boleh menyepelekan prosesnya.

Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Renovasi Rumah
Ada hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum Anda mulai merenovasi rumah. Hal-hal ini penting agar proses renovasi berjalan lancar dan sesuai dengan kebutuhan. Simak selengkapnya di bawah ini.

1. Lakukan perencanaan dengan matang
Seperti dijelaskan sebelumnya, Anda perlu melakukan perencanaan secara matang. Proses ini penting dan tidak boleh terlewat. Perencanaan ini menjadi titik awal dimulainya renovasi rumah Anda.

Di dalam sebuah perencanaan, Anda akan membuat keputusan-keputusan yang akan mempengaruhi proses renovasi hingga selesai, seperti apakah renovasi akan ditangani sendiri atau dipercayakan kepada jasa renovasi rumah? Apa jenis material yang digunakan? bagian-bagian mana saja yang akan direnovasi? berapa anggaran biayanya? Dan lain sebagainya.

2. Tentukan skala prioritas
Selain menyusun perencanaan, Anda juga perlu menyusun skala prioritas. Tujuannya agar renovasi yang dilakukan memiliki fokus, apakah akan memperbaiki dapur atau ruang keluarga? Dua-duanya bisa saja dilakukan di saat yang sama. Namun anggaran yang Anda miliki belum tentu cukup. Itulah gunanya menentukan prioritas agar terjadi keselarasan antara anggaran dengan kebutuhan yang paling mendesak.

3. Susun anggaran
Menyusun anggaran adalah hal paling penting. Hitung biaya yang dibutuhkan untuk merenovasi rumah. Kemudian sesuaikan dengan biaya yang Anda miliki. kalau Anda memiliki anggaran yang tidak terbatas untuk renovasi rumah, Anda bisa melakukan apapun sesuai keinginan Anda. Tapi beda ceritanya kalau anggarannya mepet.

Tinggalkan dulu keinginan untuk membeli barang-barang lucu tapi tidak diperlukan ketika merenovasi rumah. Susun anggaran dengan bijak dan sesuaikan dengan kebutuhan. Jangan lupa siapkan pula anggaran untuk biaya-biaya lain yang tak terduga.

4. Susun waktu pengerjaan
Perhatikan pula lamanya waktu pengerjaan. Susun tenggat waktu. Jangan sampai pekerjaan merenovasi rumah jadi berlarut-larut karena Anda terlalu fleksibel dan tidak menyusun lamanya waktu pengerjaan. Selain itu, menyusun tenggat waktu juga berguna agar tim yang Anda pilih bisa bekerja maksimal dan rumah Anda bisa selesai pada waktunya.

5. Percayakan pada ahlinya
Kalau Anda sibuk, tidak memiliki waktu, atau tidak ingin menambah pikiran dengan beban pekerjaan renovasi rumah, Anda sebaiknya mempercayakan hal ini pada ahlinya. Sekarang ini sudah banyak tersedia jasa renovasi rumah yang diisi oleh orang-orang yang sudah ahli di bidang ini.

Mereka akan menangani semua hal terkait renovasi rumah Anda. Anda tinggal duduk tenang dan semuanya akan beres pada waktu yang sudah ditentukan.

Demikian lima hal yang perlu diperhatikan sebelum merenovasi rumah. Baik menggunakan jasa renovasi rumah maupun Anda tangani sendiri, keduanya sama-sama harus membutuhkan perencanaan yang matang. Tanpa perencanaan, renovasi rumah Anda memiliki resiko kegagalan yang lebih besar.

0 comments:

Post a Comment