Update Berita Terbaru 2020

Friday, June 14, 2019

On June 14, 2019 by mirajudin in , ,    No comments

Supaya haid teratur datang setiap bulan, anda perlu mengetahui hal-hal apa saja yang biasa menjadi penyebab siklus haid tak teratur. Penyebab yang paling sering mengacaukan siklus haid adalah stres, baik itu stres akibat banyaknya pekerjaan yang harus diselesaikan, ataupun stres psikis akibat banyaknya hal-hal yang mengganggu fikiran saat itu. 

Selain stres, faktor penyebab lainnya adalah pada pola makan yang kurang diperhatikan asupan nutrisinya, sehingga berakibat mengganggu keseimbangan hormon kewanitaan. Perlu anda ketahui, agar siklus haid dapat terjadi secara normal, diperlukan lemak tubuh sebanyak minimal 17 hingga 22 persen. Karenanya, terus perhatikan dengan baik asupan nutrisi harian anda.

Jika kedua hal tersebut telah terkelola dengan baik, namun siklus haid masih juga tak teratur, masih ada faktor lain yang bisa menjadi penyebab maju atau mundurnya siklus menstruasi, seperti suntik KB, yang mana mekanisme kerjanya menginterupsi siklus produksi hormon menstruasi, sehingga hal ini tak hanya menyebabkan siklus haid jadi tak teratur, namun juga bisa menyebabkan menstruasi sama sekali tak terjadi dalam beberapa bulan pertama sejak mengikuti program KB. Namun, selama anda tak mengalami nyeri perut hebat sepanjang mengikuti program KB, maka tak perlu ada yang dikhawatirkan dengan gangguan siklus menstruasi anda.

Faktor lain penyebab siklus haid tak teratur adalah ketika anda sedang berada pada masa pramenopause, yaitu dimulai sekitar sepuluh tahun sebelum menuju usia menopause, yang mana usia rata-rata menopause sendiri adalah pada rentang 43 hingga 57 tahun. 

Setelah mengetahui faktor penyebab siklus haid tak teratur sebagaimana yang dijelaskan di atas, tentunya membantu anda untuk bisa menentukan tindakan perbaikan atau pencegahan yang perlu dilakukan supaya siklus haid tetap normal. Dengan normalnya siklus haid, anda bisa dengan mudah memprediksi kapan menstruasi selanjutnya akan terjadi, sehingga anda tak sampai lupa menyediakan pembalut ketika telah mendekati tanggal menstruasi.

Namun, jika mendadak anda mengalami menstruasi tanpa sempat mempersiapkan cadangan pembalut, tak perlu panik, karena tetap ada cara mengatasi haid jika tidak ada pembalut, yaitu dengan menggunakan tisu bersih sebagai penampung sementara darah haid yang keluar, hingga anda mendapatkan pembalut.

0 comments:

Post a Comment