Update Berita Terbaru 2019

Friday, July 19, 2019

On July 19, 2019 by mirajudin in , ,    No comments
Sumber : sybillian.com


Aki sepeda motor sendiri terdiri dari 5 tipe meskipun berbeda tipe, tapi semua aki memiliki fungsi yang sama yakni, sebagai penyimpan daya listrik dalam sebuah kendaraan atau bisa disebut sebagai baterai. Dari kelima tipe aki ini terdapat fungsi khusus yang dimilikinya mulai dari sebagai sumber tenaga komponen listrik, sistem lighting, sistem starter hingga sistem aksesoris misalnya, alarm. Tidak hanya itu bahkan terdapat tipe aki yang bisa menjaga kestabilan tegangan dan mampu menyimpan tenaga listrik dari putaran mesin. Penasaran dengan merek dari tipe-tipe aki motor tersebut? Yuk, langsung simak artikel ini!


Aki Basah


Sumber : rumahsleman.com


Yang pertama ada tipe aki motor basah. Tipe aki ini sangat sering dan bahkan tidak asing kita jumpai dimana-mana. Cocok untuk aki motor matik, bebek maupun injeksi bisa menggunakan tipe ini. Kandungan elektrolit asam sulfat (H2SO4) terdapat pada tipe aki ini. Banyak orang lebih mengandalkan jenis aki ini dari pada aki lainnya karena bisa diandalkan. Tak hanya motor, truk dan mobil juga banyak yang menggunakan jenis aki ini karena cukup ekonomis dan bisa digunakan berkali-kali.


Aki Kalsium


Sumber : Shopee.co.id


Tipe aki motor lainnya ada kalsium. Jenis aki kalsium ini tidak memiliki banyak perbedaan dari aki basah. Yang berbeda hanya bagian kutub positif dan negatifnya saja dari jenis aki ini yang terbuat dari material berbahan kalsium. Selain itu tak banyak para pemilik kendaraan bermotor menggunakan aki tipe ini bahkan jarang. Tetapi, walaupun kurang peminatnya aki motor jenis ini bisa dibilang cukup efektif dalam penggunaannya serta harganya yang terjangkau. Sehingga kamu bisa memilih aki ini sebagai salah satu alternatif sebagai penunjang kebutuhan arus listrik pada sepeda motor.


Aki Hybrid


Sumber : aki.gs-astra.com


Jenis aki Hybrid ini cukup efektif serta paling sering digunakan oleh masyarakat. Aki hybrid ini dirancang dari gabungan dua jenis aki yakni, antara aki basah dan aki kalsium. Tapi yang menarik dari aki ini ada pada kutubnya yakni berbahan Low Antimonial untuk kutub positif dan bahan material kalsium untuk kutub negatif. Aki hybrid ini bisa menjadi pilihan sebagai penunjang kebutuhan pasokan arus pada kendaraan bermotor.


Aki MF (Maintenance Free)


Sumber : nipress.com


Tipe aki Maintenance Free ini sudah menjadi salah satu jenis aki yang cukup populer bagi masyarakat awam. Aki Maintenance Free biasanya sering disebut juga dengan aki kering. Sama dengan aki basah, aki kering ini juga sering digunakan oleh para pemilik kendaraan bermotor. Dengan adanya segel khusus pada aki kering yang sangat kuat, mampu menahan terjadinya proses penguapan dari larutan elektrolit di dalam aki. Itu sebabnya, aki ini dinamakan Maintenance Free karena kamu tidak perlu repot untuk mengeceknya.


Aki Gel


Sumber : telunjuk.com


Aki gel ini merupakan jenis aki terbaru dari kelima tipe lainnya. Bisa dikatakan jenis aki yang satu ini sebagai terobosan terbaru dalam dunia otomotif dan berperan sebagai penyimpan arus pada kendaraan bermotor. Keunggulan dari aki jenis ini tidak lagi menggunakan elektrolit gel sehingga tidak mudah bocor yang disebabkan oleh korosi dari cairan elektrolit.


Nah, itulah sedikit penjelasan tentang 5 jenis aki motor yang perlu kamu ketahui. Dengan mengetahui tipe aki ini sobat akan lebih mudah dalam memilih aki jenis mana yang cocok untuk kendaraan bermotor kalian. So, pastikan gunakan aki yang benar untuk kendaraan kesayangan kamu ya!

0 comments:

Post a Comment