Update Berita Terbaru 2019

Saturday, September 28, 2019

On September 28, 2019 by mirajudin in , , ,    No comments
Apakah kamu sering bingung untuk memilih jenis oli yang cocok untuk kendaraan pribadi kamu? Dari sekian banyak oli dengan berbagai macam harga, mulai dari ratusan ribu hingga jutaan sudah banyak perusahan oli yang memproduksi oli mobil dengan berbagai fitur yang canggih. Nah, perusahan oli motor juga tidak mau kalah, di setiap produknya pasti mempunyai beberapa keunggulan yang dimilikinya. Oli sendiri merupakan cairan pelumas yang dibuat untuk melumasi bagian inti  mesin agar seluruh komponen yang ada di dalam dapat bergerak dengan lancar tanpa adanya macet. Bayangkan jika logam bergesekan dengan logam lagi tanpa adanya cairan pelumas di antaranya, pasti akan macet dalam waktu singkat kan? 
Oli juga berguna untuk membersihkan seluruh bagian mesin dari kotoran-kotoran yang tersisa akibat sisa pembakaran mesin. Maka dari itu oli adalah komponen yang sangat penting untuk kendaraan kamu supaya menjadi tahan lama atau awet. Yuk, simak beberapa tips-tips untuk memilih oli motor atau mobil yang baik serta cocok untuk kendaraan kamu.
 1. Kenali Jenis Mesin Kendaraan Kamu
Sumber: Hibuan
Untuk langkah 1 yang harus dilakukan yaitu mengenali jenis mesin kendaraan serta lingkungan dimana kamu akan memakai kendaraan. Kamu harus memperhatikan mulai dari kelembaban udara, debu dan suhu. Kamu tidak perlu ragu dalam mengenai merek oli, karena selama spesifikasinya bisa diterima oleh jenis mesin mobil kamu maka pemilihan oli pun dapat dikatakan benar. Pemilik kendaraan sebaiknya memilih jenis oli yang tepat karena oli ini nantinya akan paling berpengaruh terhadap bahan bakar yang akan kamu gunakan. 
2. Perhatikan Tingkat Kekentalan
Sumber: Mochiunhiet
Memilih tingkat kekentalan oli sangat penting, karena oli memiliki kemampuan untuk melumasi keseluruhan mesin dan ukuran kental bisa mengalir pada temperatur mesin tertentu. Kode pengenal oli yaitu SAE (Society of Automotive Engineers) salah satu badan yang berhak untuk menentukan tingkat kekentalan dan fungsi oli. Angka yang berada di belakangnya menunjukan sebuah tingkatan kekentalan oli tersebut, sedangkan huruf yang ada di belakang angka adalah singkatan dari Winter. Contohnya seperti ini SAE 10W-40 yang artinya oli ini mempunyai tingkat kental SAE 10 di kondisi suhu dingin dan SAE 40 di kondisi panas.
3. Memilih Oli Anti Heat Technology dengan Active polymer
Sumber: Cargurus
Pelumas mesin ini diproduksi untuk menghadapi berbagai medan berkendara seperti panas, kemacetan dan berdebu. Dengan 2 teknologi ini, pelumas akan melapisi bagian mesin internal untuk mengurangi beberapa gesekan dan membebaskan mesin dari noda-noda sisa pembakaran yang mampu menjaga suhu mesin agar selalu stabil. Sehingga mengurangi penggunaan bahan bakar, tarikan enteng, mesin tidak cepat panas, meningkatkan keawetan mesin dan suara mesin jauh lebih halus. Active Polymer sendiri bisa bekerja secara aktif melumasi ke bagian mesin terdalam yang bekerja paling berat.
4. Memilih Oli Sintetis

Sumber: beritasatu.com
Oli sintetis ini mempunyai kelebihan dibandingkan oli mineral yaitu lebih stabil pada suhu tinggi sehingga penguapan menjadi rendah, mencegah adanya endapan karbon di mesin, sirkulasi akan lancar di waktu cuaca dingin, melapisi metal lebih baik. Selain itu oli juga tahan dari oksidasi sehingga lebih awet dan bisa mencegah adanya gesekan dari logam yang berakibat mesin menjadi rusak serta efisien mengandung detergen yang jauh lebih baik untuk membersihkan kerak. 
Oli sintetis lebih dianggap baik daripada semi synthetic karena mempunyai berbagai fitur unggul seperti lebih tahan dari oksidasi, melumasi mesin lebih merata, tidak cepat menguap dan dapat bekerja jauh lebih maksimal meskipun suhu mesin tinggi. Oli ini biasanya disarankan untuk kendaraan yang mempunyai DOHC atau turbom supercharger yang membutuhkan oli lebih baik. 
Dengan memahami 4 tips memilih oli di atas, maka kamu sudah bisa menentukan jenis oli apa yang paling pas untuk mesin kendaraan kamu. Semoga apa yang kami bahas di dalam artikel ini bermanfaat ya!

0 comments:

Post a Comment