Update Berita Terbaru 2019

Friday, December 6, 2019

On December 06, 2019 by mirajudin in , ,    No comments

Salah satu fashion item yang menjadi favorit banyak orang adalah celana jeans. Model dan jenis celana jeans yang cocok digunakan untuk berbagai aktivitas membuatnya disukai semua kalangan. Celana jeans biasanya juga menjadi celana yang paling sering dipakai dibanding celana-celana dengan bahan dan model lain. Karena sering dipakai, tidak jarang item ini akan lebih cepat rusak dibanding item-item fashion lain yang kamu miliki. 

Namun, rusaknya celana ini tidak hanya disebabkan oleh seringnya pemakaian saja, melainkan bisa jadi karena tehnik perawatan yang salah. Celana dengan bahan jeans memang memerlukan beberapa perawatan khusus seperti berikut agar bisa awet dan tahan lama.

Merawat Celana Berbahan Jeans Dengan Benar

Agar celana milikmu tetap awet dan bisa digunakan dalam jangka panjang, kamu bisa melakukan hal-hal yang akan diuraikan di bawah ini.

1. Jangan mencuci celana jeans dengan mesin cuci

Mesin cuci memang bisa memudahkan pekerjaan rumah kamu. Namun ada beberapa bahan pakaian yang sebaiknya tidak dicuci menggunakan mesin. Salah satunya adalah pakaian-pakaian dengan bahan jeans. 

Proses pencucian dengan mesin akan merusak tekstur jeans dan membuat jeans yang kamu miliki menjadi mudah robek dan melar. Jadi, mulai sekarang cobalah untuk mengeluarkan sedikit lebih banyak tenaga kamu untuk mencuci celana jeans kesayangan kamu dengan tangan ya.

2. Gunakan deterjen tanpa pemutih

Pastikan lebih dulu kandungan detergen yang kamu pakai sebelum kamu menuangkannya pada rendaman celana kamu. Jangan gunakan detergen yang mengandung pemutih untuk merendam atau mencuci pakaian berbahan jeans. Kandungan pemutih pada detergen bisa membuat warna celana menjadi pudar. 

Apalagi kalau kamu mencampurkan celana dengan pakaianmu yang lain saat mencuci, bisa-bisa warna celana jeans kamu akan luntur lalu menodai pakaian yang lainnya. Jadi, lebih teliti dalam memilih detergen ya.

3. Jangan mencuci jeans dengan sikat

Selain menghindari proses mencuci dengan mesin cuci, hal lain yang harus kamu hindari adalah mencuci jeans dengan sikat. Proses penyikatan yang terlalu keras bisa merusak bahan dan tekstur dari jeans tersebut. Jadi, kalau ada noda kotor pada celana jeans kamu, usahakan membersihkannya dengan cara menguceknya saja tanpa bantuan sikat.

4. Jangan terlalu sering dicuci

Bukan bermaksud untuk menyarankan kamu untuk menjadi orang yang jorok, namun memang seperti itulah caranya agar celana kamu bisa lebih tahan lama. Kamu juga tidak perlu khawatir, karena produk-produk celana jeans memang sudah didesain sedemikian rupa untuk menunjang aktivitas sehari-hari sehingga bisa tetap nyaman dikenakan meskipun tidak terlalu sering dicuci. Cucilah celana jeans kamu seperlunya saja.

5. Menggunakan air cuka

Semakin lama usia celana jeans kamu, bukan tidak mungkin warnanya juga akan semakin kusam dan memudar. Namun ada satu cara untuk bisa mempertahankan warna celana jeans kesayangan kamu, yaitu dengan menggunakan air cuka. Cara penggunaannya pun mudah. kamu cukup mencampurkan air cuka pada air rendaman saat celana dicuci.

6. Mencuci dengan air dingin

Mungkin kamu berpikir untuk merendam celana dengan air hangat agar kotoran dan kuman yang menempel bisa lebih mudah dibersihkan. Namun ini adalah cara yang salah untuk mencuci celana berbahan jeans, terutama untuk celana jeans yang berwarna gelap. Air hangat berpotensi merusak keaslian warna dari jeans, sehingga lebih baik mencucinya dengan air dingin saja.

7. Jangan menjemur dibawah sinar matahari langsung

Selain teknik pencucian, teknik penjemuran yang salah bisa membuat celana jeans kamu lebih cepat rusak. Saat menjemur celana berbahan jeans, usahakan untuk tidak menjemurnya dibawah sinar matahari langsung karena berpotensi merusak serat dan tekstur jeans tersebut. Usahakan juga untuk menjemurnya dengan bagian dalam yang dibalik keluar.

Dengan teknik perawatan yang tepat, celana kesayangan kamu bisa lebih awet dan tahan lama sehingga bisa selalu kamu pakai untuk menunjang penampilan kamu yang modis dalam melakukan aktivitas sehari-hari. 

0 comments:

Post a Comment