Update Berita Terbaru 2020

Monday, January 13, 2020

On January 13, 2020 by mirajudin in ,    No comments

Ketika Anda sakit, Anda tentu akan memutuskan berobat ke Rumah Sakit. Namun bagi Anda yang memegang kartu asuransi berupa BPJS Kesehatan, tentunya ada beberapa prosedur yang harus Anda lalui sebelum bisa ke Rumah Sakit dan berobat di sana. Lalu, seperti apa informasi terkini soal Faskes yang ada di BPJS, pelayanannya, serta cara mudah mencarinya? Yuk, simak semua infonya di SehatQ.com.

Tingkatan Faskes Pada BPJS yang Harus Anda Ketahui

Dalam layanan kesehatan BPJS, Anda akan dikenalkan pada beberapa Faskes yang berguna untuk berobat. Nah, berikut ini adalah beberapa tingkatannya, yakni :

1. Fasilitas Kesehatan BPJS Tingkat 1

Fasilitas Kesehatan satu ini merupakan fasilitas yang pertama kali harus Anda kunjungi untuk berobat bagi Anda peserta BPJS. Disana, Anda akan mendapat layanan pengobatan yang sesuai dengan diagnosis sakit Anda. Jika pelayanan kesehatan di Fasilitas Kesehatan ini tidak bisa membantu penyembuhan Anda, barulah mereka akan memberi surat rujukan kepada Fasilitas Kesehatan Tingkat 2.

Adapun yang termasuk dalam Fasilitas Kesehatan ini adalah Puskesmas, Klinik, Dokter Pribadi, hingga Dokter Umum. Namun memilihnya pun tidak bisa sembarangan. Pasalnya, Fasilitas Kesehatan Tingkat 1 ini harus sudah terdaftar sebagai bagian kerjasama BPJS Kesehatan.

2. Fasilitas Kesehatan BPJS Tingkat 2

Fasilitas Kesehatan ini adalah lanjutan dari Fasilitas Kesehatan Tingkat 1 yang tidak sanggup menangani penyakit Anda. setelah Anda mendapat rujukan, Anda bisa berobat di Fasilitas Kesehatan ini. Di tingkat ini, Anda akan mendapat pelayanan yang lebih kompleks dari Dokter Spesialis, misalnya saja Dokter Spesialis Jantung dan Dokter Spesialis Saraf.

3. Fasilitas Kesehatan Tingkat Lanjutan

Namun, tidak selamanya Fasilitas Kesehatan Tingkat 2 mampu menangani kasus penyakit tertentu. Untuk itu, mereka akan merujuk pasien dengan kasus yang dirasa lebih kompleks ke Fasilitas Kesehatan Tingkat Lanjutan. Selain penanganan yang lebih lengkap, Anda juga akan mendapat Dokter yang lebih mampu memahami penyakit Anda. Contoh dari Fasilitas Kesehatan ini adalah Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo.

Adapun syarat untuk mendapat pelayanan di masing-masing Fasilitas Kesehatan tersebut sangat sederhana. Anda hanya perlu menyiapkan KTP, Kartu BPJS Kesehatan yang masih aktif, dan Kartu Keluarga. Jika Anda berobat di Fasilitas Kesehatan Tingkat 2 dan Lanjutan, maka Anda akan membutuhkan satu dokumen tambahan lagi untuk dibawa, yakni Surat Rujukan dari Fasilitas Kesehatan sebelumnya.

Cara Mudah Cari Faskes di SehatQ.com

Bagi Anda yang tengah mencari Fasilitas Kesehatan dan bingung dimana menemukannya, Anda tidak perlu cemas. Pasalnya, ada aplikasi bernama SehatQ.com yang bisa membantu Anda untuk mencari Fasilitas Kesehatan terbaik bagi Anda yang tidak hanya berkualitas, namun juga terpercaya. Bahkan tidak hanya Fasilitas Kesehatan saja, Anda juga bisa mencari dokter disana.

Cara untuk menemukannya yang pertama adalah dengan membuka aplikasi SehatQ yang bisa Anda download di Playstore. Setelah log in, Anda bisa mulai mencari Fasilitas Kesehatan di bagian “booking dokter”. Disana nanti akan ada pilihan dalam bentuk dua kotak yang berisi Dokter dan Fasilitas Kesehatan. 

Pilih kotak yang bertuliskan “Fasilitas Kesehatan” dan tuliskan di kolom pencarian “nama Rumah Sakit atau lokasi / daerah yang Anda tuju”. Setelah satu kali klik, maka Anda sudah bisa memilih Fasilitas Kesehatan mana yang akan Anda datangi. Mudah, bukan?

Demikian ulasan mengenai Faskes dan cara mudah mencarinya di SehatQ.com. Semoga bermanfaat.

0 comments:

Post a Comment