Update Berita Terbaru 2020

Thursday, March 26, 2020

On March 26, 2020 by mirajudin in , , ,    No comments

Kuliner di Indonesia memang sangat beragam dan menawarkan cita rasa yang berbeda pada setiap daerahnya. Salah satu kuliner yang ada di Indonesia dan wajib Anda cicipi adalah makanan khas Sumatera Utara. Untuk Anda yang penasaran dengan makanan ini, yuk langsung saja simak selengkapnya di bawah ini.


1. Dekke Na Niura

Salah satu makanan yang harus Anda cicipi ketika berada di Sumatera Utara adalah Dekke na Niura. Ini adalah salah satu makanan yang dibuat dengan menggunakan bahan dasar ikan mas. Konon katanya, makanan yang satu ini adalah sebuah makanan yang dihidangkan untuk raja-raja yang berasal dari suku batak. 

Namun, saat ini semua orang boleh menikmati makanan ini termasuk Anda. Nah, untuk membuat makanan ini, cara yang dilakukan cukup sederhana. Anda hanya perlu mengoleskan bumbu dan asam di atas permukaan ikan yang telah dibersihkan. Setelah itu, Anda hanya perlu membakarnya hingga matang. Untuk masalah rasa, Dekke Na Niura ini sudah tidak diragukan lagi.


2. Arsik

Untuk Anda yang suka dengan makanan gurih, Sumatera Utara memiliki makanan gurih yang enak banget untuk Anda cicipi. Nama makanan ini adalah arsik. Nah, arsik ini adalah sebuah makanan yang dibuat dengan menggunakan bahan dasar ikan mas. 

Kemudian ikan mas ini akan diolah dengan cara dicampurkan dengan bumbu khas Tapanuli. Setelah ikan ini dicampur dengan bumbu tersebut, kemudian ikan ini akan dimasak dengan menggunakan sedikit minyak dan air lalu ditunggu hingga agak mengering. 

Saat ikan ini sudah mengering, hal ini menandakan bahwa bumbu yang ada pada ikan sudah meresap dengan sempurna dan makanan ini bisa disantap. 


3. Bika Ambon

Ketika mendengar bika ambon tentunya sudah tidak asing lagi bagi Anda. Ya, Bika Ambon ternyata bukan makanan khas Ambon ya melainkan makanan khas Sumatera Utara. Makanan yang satu ini bahkan sudah tersebar di seluruh wilayah Indonesia karena rasanya yang benar-benar enak dan nikmat. 

Makanan ini dijadikan sebagai menu camilan yang sangat cocok untuk bersantai. Jika di restoran, makanan ini dijadikan sebagai dessert yang manis untuk dihidangkan. Jika Anda belum mencicipi makanan ini, so wajib banget untuk mencicipinya secara langsung di sumatera Utara. 


4. Kue Ombus-Ombus

Makanan khas Sumatera Utara berikutnya yang bisa Anda cicipi adalah kue Ombus-Ombus. Apa kue ombus-ombus itu? Ini adalah salah satu jenis kue yang biasanya hanya dijumpai di upacara adat. Kue ini biasanya disantap bersama dengan kopi.

Adapun kue ombus-ombus sendiri dibuat dengan menggunakan bahan dasar tepung beras yang kemudian dicampur dengan gula merah dan dibungkus daun pisang. Setelah itu, kue ini akan dikukus hingga makan. Kue ini akan terasa lebih nikmat apabila disantap pada saat masih hangat. 


5. Mie Gomak

Mie Gomak menjadi salah satu makanan khas Sumatera Utara yang paling banyak dicari oleh banyak orang. Makanan yang satu ini juga sering disebut dengan nama spageti Khas batak Toba. Untuk membuat mie ini juga tidak sulit dimana Anda hanya perlu mencampurkan mie spageti dan kemudian ditambah dengan bumbu khas daerah. 

Hal inilah yang membuat mie ini berbeda dengan spageti pada umumnya. Meskipun demikian, rasa mie ini juga sangat enak dan dijamin bikin Anda ketagihan untuk mencicipinya lagi dan lagi. Nah, jika Anda datang ke Sumatera Utara, maka wajib hukumnya untuk mencicipi makanan yang satu ini. 
Tertarik untuk mencoba mencicipi makanan khas Sumatera Utara ini? untuk anda yang ingin mencicipinya, Anda bisa datang ke restoran Aryaduta. Mengapa? Sebab di restoran ini menyediakan berbagai macam makanan daerah yang bisa Anda cicipi. 

0 comments:

Post a Comment