Update Berita Terbaru 2020

Monday, March 9, 2020

On March 09, 2020 by mirajudin in , ,    No comments

Proses procurement atau pengadaan barang dalam sebuah bisnis adalah salah satu faktor yang cukup menentukan kelancaran dan kesuksesan bisnis Anda. Ada banyak tahapan dalam proses procurement ini yang saat ini bisa Anda buat lebih efisien dengan solusi total procurement. Namun sebagai pelaku bisnis Anda harus tetap mengetahui tahapan-tahapan proses procurement seperti berikut.


1. Identifikasi

Sebelum melakukan proses procurement, Anda harus melakukan identifikasi terlebih dahulu mengenai produk dan bisnis Anda. Identifikasi disini termasuk juga menentukan anggaran dan target pasar produk Anda.


2. Seleksi vendor

Tahapan selanjutnya adalah Anda perlu melakukan seleksi vendor yang potensial untuk menjadi supplier produk atau bisnis Anda. Hal yang penting untuk Anda perhatikan adalah mencari vendor yang dapat memberikan Anda produk yang berkualitas dengan harga yang kompetitif. Selain  itu, reputasi vendor juga harus menjadi pertimbangan Anda. Dengan solusi total procurement, tahapan seleksi vendor ini juga bisa Anda lakukan dengan lebih mudah dan efisien.


3. Mengirim permintaan pembelian

Setelah vendor dipilih, Anda perlu mengirim permintaan pembelian untuk disetujui oleh departemen internal perusahaan Anda. Dalam permintaan pembelian ini, Anda perlu menuliskan dengan detail mulai dari deskripsi barang hingga informasi vendor.


4. Membuat pesanan pembelian

Setelah permintaan pembelian disetujui, maka proses procurement akan masuk ke tahapan pembuatan pesanan pembelian. Setelah masuk tahapan ini berarti Anda dan vendor sudah menyepakati proses procurement.


5. Penerimaan faktur dan pesanan

Setelah pembelian Anda selesai diproses oleh vendor, Anda akan menerima faktur dan pesanan Anda. Ada kalanya faktur dan pesanan tidak dikirim secara bersamaan. Dalam faktur, vendor atau pemasok akan menuliskan secara detail mengenai produk pesanan Anda serta konfirmasi pembayaran. 

Vendor biasanya juga memberi tenggat waktu untuk Anda apabila terdapat pesanan yang cacat atau kurang sesuai. Jika ada masalah, Anda bisa meminta pengembalian pesanan dengan melampirkan kwitansi dan faktur.


6. Pembayaran

Jika pesanan produk yang Anda terima sudah sesuai dengan pesanan Anda dan kriteria produk yang Anda inginkan, maka selanjutnya Anda perlu melakukan pembayaran pada pemasok. Proses pembayaran ini juga disesuaikan dengan kesepakatan yang telah Anda buat sebelumnya dengan pemasok.


7. Mengarsipkan seluruh dokumen untuk audit

Seluruh tahapan procurement yang telah Anda lakukan perlu diarsipkan dengan rapi agar bisa digunakan untuk kepentingan audit di masa depan. Untuk lebih aman, Anda juga perlu membuat digitalisasi arsip ini supaya bisa lebih mudah dicari nantinya.

Itulah tahapan-tahapan dalam proses procurement yang perlu Anda ketahui agar bisa menjalankan bisnis Anda dengan lancar sehingga bisnis bisa berumur panjang. Untuk membuat proses procurement lebih efektif dan efisien, Anda bisa menggunakan solusi total procurement untuk membuat bisnis Anda berjalan semakin lancar. 

0 comments:

Post a Comment