Update Berita Terbaru 2020

Thursday, April 2, 2020

On April 02, 2020 by mirajudin in , , ,    No comments

Mendengar kata karantina pada sebagian orang akan terdengar menyeramkan. Pergerakan akan dibatasi dan lebih sering dipantau oleh kepolisian. Screening pun akan terus dikerahkan. Di tengah-tengah berita corona di Indonesia, ada wilayah yang sudah menerapkan sistem karantina. Sekalipun sudah di rumah saja dan kini lebih di karantina, berikut ada beberapa aktivitas yang jadi referensi Anda di situasi ini.

1. Bersih-Bersih Rumah dan Kamar

Jangan lelah berada di rumah terus. Meskipun hanya keluar untuk mencari kebutuhan pokok, jangan lupakan juga untuk bersih-bersih rumah. Anda bisa memulai membersihkan kamar tidur. Pertama membersihkan kasur, merapikan bantal dan guling, kemudian lanjut menyapu kamar.

2. Tingkatkan Kemampuan Diri

Adanya instruksi untuk bekerja, belajar, dan beribadah di rumah memberikan peluang untuk berselancar di dunia maya semakin intens. Anda bisa mengembangkan atau meningkatkan kemampuan diri Anda dengan cara terus menerus membaca melaluinya. Cari informasi mengenai kemampuan diri Anda lalu kembangkan dengan cara mandiri. Apabila masih kesulitan, Anda bisa mencari komunitas secara daring dan bertukar pengalaman lewat sana.

3. Main Game Online dan Film

Berita corona di Indonesia memang akan terus ada setiap hari. Selama Indonesia masih memakan korban maka akan terus ada kebijakan-kebijakan lanjut mengenainya. Jangan biarkan kelelahan dan kejenuhan menemani Anda setiap harinya. Anda bisa memainkan game online bersama keluarga Anda. Bisa juga menghabiskan daftar film yang telah lama Anda nanti.

4. Memasak

Semenajak ada himbauan untuk terus berada di rumah, membuat anggota keluarga lengkap dan email. Anda bisa menyediakan makanan untuk menemani aktivitas di rumah. Selain itu perhatikan gizi yang dikandungnya. Mengingat pandemi Covid-19 bisa menular maka tingkatkan sistem imunitas tubuh dengan makanan seimbang dan sempurna. Seperti serat, protein dan sebagainya. 

5. Olahraga

Meskipun Anda bekerja dari rumah dan melakukan pertemuan atau tatap muka secara daring, jangan lupa untuk melakukan berbagai gerakan. Jangan terlalu lama duduk di depan komputer atau laptop. Jika telah selesai atau saat istirahat, sempatkan untuk melakukan olahraga walaupun hanya pemanasan. Adanya gerakan-gerakan ini bisa membuat tubuh tetap bugar.

6. Baca Buku, Berita dan Editing

Bagi yang bekerja dan belajar dari rumah, Anda bisa membaca buku sebagai referensi. Bisa juga sekadar membaca novel sebagai hiburan. Boleh sekali-kali membaca berita, baik itu tentang pandemi Covid-19 maupun berita lainnya. Bahkan Anda juga bisa melakukan kegiatan editing seperti Anda yang bekerja di dunia kreatif.

7. Telpon Teman, Kerabat, dan Mantan

Apabila Anda ingin bertemu dengan teman, kerabat bahkan mantan, Anda bisa menelponnya atau video call. Saat keluar rumah adalah tindakan yang membahayakan bagi negara, maka rebahan adalah pilihan terbaik. Anda bisa saling menanyakan kabar, sharing daftar kegiatan yang bisa dilakukan di rumah, bahkan informasi mengenai masing-masing wilayah. Apakah wilayah tersebut sudah menetapkan karantina wilayah atau belum. 

8. Berjemur

Setiap pagi, usahkan untuk berjemur di bawah sinar matahari langsung. Pilihlah waktu-waktu yang sekiranya matahari masih bersinar terang. Anda bisa memulai dari jam 6-9 pagi. Jangan lebih dari jam 9, karena sinar matahari bisa membahayakan kulit. Usahakan Anda berkeringat saat berjemur. Apabila berjemur secara terus menerus, bisa dipastikan Anda mendapatkan asupan vitamin D bagi tubuh.

Berdasarkan https://www.cekaja.com/info/covid-19-updates/ sampai tanggal 30 Maret 2020, provinsi Jawa timur yang terkonfirmasi pandemi Covid-19 sudah ada 90 kasus. Korban yang sudah sembuh total ada 11 orang dan yang meninggal 7 orang. Sedangkan khusus untuk kota Surabaya sudah ada 41 kasus, 9 sembuh, dan 2 yang sudah meninggal. Inilah yang menyebabkan Walikota memutuskan karantina wilayah. 

0 comments:

Post a Comment