Update Berita Terbaru 2020

Wednesday, August 19, 2020

On August 19, 2020 by mirajudin in , ,    No comments

Bagi seorang ibu yang tidak lama lagi akan melahirkan, penting untuk mengetahui tanda2 mau melahirkan yang paling umum. Pada dasarnya, ada cukup banyak tanda-tanda yang paling sering dialami oleh seorang ibu yang mau melahirkan. Namun, di sini akan kami bahas hanya beberapa saja namun yang paling mendasar.

Seorang ibu hamil, dan pasangan, wajib mengenal semua tanda-tanda tersebut. Pasalnya, hal ini sangat penting sekali agar kedua pasangan melakukan persiapan-persiapan yang wajib dilakukan menjelang persalinan. Apa saja tanda-tandanya? Yuk, langsung simak penjelasannya berikut ini:

1. Sakit pada Bagian Tulang Belakang dan Panggul

Tanda-tanda ini merupakan kondisi yang paling umum terjadi pada setiap perempuan yang sedang hamil. Ibu hamil yang akan melahirkan akan merasakan sakit yang berlebih di bagian tulang belakang dan area panggul.

Rasa sakit tersebut terjadi karena pergeseran dan juga pergerakan janin yang mulai menekan bagian tulang belakang ibu hamil.

2. Terasa Nyeri di Bagian Selangkangan

Ibu hamil umumnya akan mengalami rasa nyeri yang menyerang di bagian selangkangan. Kondisi ini terjadi akibat posisi kepala janin yang sudah mulai turun ke bawah. Karena, sebelumnya kepala mereka akan berada di bagian atas.

Kondisi ini terjadi karena kepala janin akan turun ke bagian bawah, ke daerah rangka tulang pelvis. Pergerakan ini mengakibatkan rasa sakit pada bagian perut, sering buang air besar, buang angin, hingga merasa sakit di bagian perut.

3. Timbulnya Kontraksi

Kondisi ini sangat umum terjadi ketika seorang ibu hamil akan melahirkan. Kontraksi yang kuat adalah tanda-tanda bayi akan mau keluar. Kontraksinya biasanya terjadi sangat kuat. Ibu hamil akan mengalami rasa sakit di area punggung bagian bawah, dan terus bergeser ke bagian bawah perut.

Kondisi ini sangat mirip sekali dengan kejadian mulas pada saat wanita haid. Ketika kondisi ini menimpa ibu hamil, maka akan terjadi pengerasan pada bagian perut. Ibu hamil bisa merasakan perutnya mengeras dengan tangannya.

Kejang dari kondisi ini bahkan mirip  kontraksi Braxton Hicks atau kontraksi palsu. Namun, kondisi tersebut umumnya terjadi secara teratur.

4. Keluar Lendir Bercampur Darah

Jika lendir dan darah sudah keluar dari bagian vagina, maka ibu hamil harus segera dibawa ke rumah bersalin, atau layanan kesehatan setempat. Pada masa kehamilan, bayi tersumbat oleh gumpalan lendir yang lengket di bagian rahim. Nah, pada saat akan melahirkan, serviks mulai membuka gumpalan tersebut.

Selanjutya, cairan lendir bercampur darah pun akan keluar dari bagian vagina. Penampakannya seperti cairan lengket berwarna merah muda. Kondisi ini merupakan ciri-ciri ibu hamil akan segera melahirkan. Artinya, harus segera menjalani proses persalinan.

5. Pecah Air Ketuban

Ini merupakan tanda-tanda mau melahirkan terakhir. Kondisi ini terjadi karena desakan kontraksi dan tekanan yang dilakukan oleh kepala bayi yang mendorong ke mulut serviks. Akibatnya, ketuban ibu hamil akan pecah.

Pada saat ketuban bocor, ibu hamil akan merasakan semburan air atau rembesan. Namun, umumnya, kondisi ini sulit dirasakan karena membrane tidak memiliki syaraf. Tugasnya sendiri yaitu menampung 2 liter air amniotic steril.

Setelah itu, kepala bayi akan terus berusaha keras menekan serviks sang ibu. Tujuannya yaitu untuk merangsang pelepasan prostaglandin sera membukanya.  Lalu kemudian, bayi pun perlahan keluar dan terlahir.

Nah, itulah tanda2 mau melahirkan yang paling umum. Tanda-tanda di atas wajib Anda kenali. Khususnya bagi yang sedang mempersiapkan persalinan. Dengan begitu, persiapan persalinan akan semakin matang. Selain wajib diketahui oleh ibu hamil, juga wajib diketahui oleh suami guna mempersiapkan diri. 

0 comments:

Post a Comment