Update Berita Terbaru 2020

Wednesday, August 19, 2020

On August 19, 2020 by mirajudin in ,    No comments

Dalam kehidupan sehari-hari, setiap orang tentu memiliki masalah-masalah yang membuat frustrasi. Tak terkecuali Ibu yang tengah mengasuh bayi atau balita. Kepadatan jadwal dalam mengasuh anak atau bekerja, dibarengi dengan mengurus rumah, dan menyiapkan makanan untuk semua anggota keluarga, akan membuat Ibu lebih cepat merasa frustrasi karena merasa tidak ada waktu luang untuk rehat sejenak. 

Tetapi rupanya, semua hal yang melelahkan dan membuat frustrasi itu bisa dinikmati dengan nyaman dan tenang, bahkan sampai tidak terasa memberatkan, hanya dengan bantuan afirmasi positif. Apakah itu afirmasi positif?

Afirmasi positif adalah kalimat-kalimat positif yang bisa menaikkan mood, menyemangati hidup, bahkan mengubah segala yang sulit jadi terasa mudah. Mengutip dari laman Motherly, afirmasi itu adalah sebuah pendeklarasian niat. Nyatanya, sesuatu yang diniatkan, jika hanya sekedar diucapkan dalam hati, tidak bisa langsung dirasakan efeknya. Tapi jika dideklarasikan dengan sepenuh hati, maka otak seperti merekam ulang dan niat tersebut malah menjadi semakin kuat dan mudah dilakukan.

Deklarasi ini membantu seseorang memfokuskan energinya untuk mewujudkan sesuatu yang paling diinginkan seolah-olah keinginan itu sudah ada. Nah, dengan fokus itulah, seseorang bisa mengganti apa yang diyakininya negatif untuk menjadi positif, dan langsung membuat perubahan yang dilakukan agar keinginan positif tadi tercapai.

Afirmasi positif ini juga disebut sebagai kalimat penegasan diri. Seperti saat mengatakan, “Saya Ibu yang luar biasa”. Kalimat itu menegaskan bahwa yang Ibu yakini adalah Ibu adalah orang tua yang luar biasa. Ajaibnya, setelah ditegaskan berulang kali dalam satu hari, Ibu bisa tersugesti untuk menjadi Ibu yang memang luar biasa.

Manfaat Afirmasi Positif


1. Mereduksi Energi Negatif dalam Diri

Meski tidak mudah untuk melakukannya, Ibu harus tahu bahwa afirmasi positif bisa membuat energi negatif perlahan-lahan berkurang, bahkan menghilang. Ini dikarenakan afirmasi positif bisa mengubah cara pandang Ibu terhadap hal buruk sekalipun, menjadi sesuatu yang tetap memiliki sisi positif untuk dijadikan pelajaran hidup.

2. Membuat Ibu Dikelilingi Orang-orang dan Situasi yang Positif

Saat memulai afirmasi positif, saat itulah secara tidak langsung Ibu telah memilih lingkaran positif dalam hal berinteraksi dengan orang lain maupun saat menghadapi kejadian tertentu di sekeliling Ibu. Ibu akan cenderung menghindari hal-hal yang memberikan dampak negatif. Kalau pun itu terjadi, Ibu akan bisa mengatasinya dengan baik berkat afirmasi positif yang Ibu terapkan.

3. Membawa Hal-Hal Baik ke Dalam Hidup

Salah satu tujuan utama dari afirmasi positif adalah membawa hal-hal baik ke dalam hidup Ibu. Jika Ibu mengulanginya setiap hari, hal-hal baik akan mulai terjadi dan Ibu akan dapat lebih mudah menyadarinya karena telah menjadi orang yang lebih bahagia dan lebih positif. Hal-hal sederhana seperti menemukan sayuran dan lauk segar atau menghemat beberapa rupiah untuk berbelanja kebutuhan sehari-hari akan membantu Ibu meningkatkan suasana hati dan membantu dan melihat bagaimana hal-hal kecil yang baik dalam kehidupan benar-benar bertambah. Ibu bisa mulai memaknai dan mengingat hal-hal kecil yang baik itu sehingga suatu saat bisa menjadi bahan perenungan saat hari-hari buruk datang di masa depan.

4. Mengurangi Stres dan Meningkatkan Kualitas Kesehatan

Disebut dalam laman The Military Wife and Mom ,ada sebuah studi yang mengatakan bahwa stres kronis level rendah biasa dialami seseorang akan bisa diatasi dengan menegaskan kalimat positif, sehingga stress levelnya akan menurun. Optimisme dapat membantu mengurangi tekanan darah dan detak jantung, memastikan jantung yang lebih sehat dan kesehatan menyeluruh yang lebih baik.

5. Mengingatkan Ibu untuk Lebih Fokus dan Bersyukur

Dengan afirmasi positif, Ibu akan menjadi lebih optimis dalam menjalani kehidupan. Optimisme tersebut akan mengantarkan Ibu meraih tujuan dan impian dengan rencana yang matang dan langkah-langkah yang lebih pasti. Tidak hanya itu, optimisme yang didapat dengan afirmasi positif akan dibarengi dengan perasaan mudah bersyukur. Ibu akan lebih mudah menyadari bahwa banyak pelajaran dan hal-hal kecil dalam hidup yang sangat berharga. Afirmasi positif membantu Ibu fokus mencapai tujuan, dan meskipun apa yang Ibu inginkan tidak tercapai, Ibu tidak akan jatuh terpuruk dalam perasaan-perasaan negatif.

0 comments:

Post a Comment