Update Berita Terbaru 2020

Tuesday, November 3, 2020

On November 03, 2020 by mirajudin in , , ,    No comments


Laptop menjadi salah satu perangkat yang asik untuk bermain game. Anda bisa memainkannya dimana saja tanpa harus ribet dengan konsol dan layar yang besar seperti Play Station. Menariknya, saat ini Laptop Lenovo gaming sudah tersedia di pasaran. Pecinta game tentu saja wajib punya laptop yang satu ini. Apalagi jika dari bermain game tersebut Anda bisa menghasilkan uang. Asyik, kan?

Namun, sebelum memilih laptop ada baiknya untuk mengetahui spesifikasi yang tertanam pada laptop gaming tersebut. Untuk itu, inilah lima hal yang harus Anda  pertimbangkan saat memilih laptop gaming.

1. Processor

Dalam mengolah suatu perhitungan atau system, laptop memerlukan processor. Bisa dibilang processor ini merupakan otak dari laptop tersebut. Processor akan mengolah dan memproses semua yang Anda perintahkan dan outputnya keluar pada layar Anda. Laptop gaming harus memiliki processor yang tinggi, baik AMD maupun Intel. 

Selain itu, kecepatan processor dan tipe processor menjadi hal yang harus diperhatikan. Jangan memilih tipe processor yang berkode U (seperti i7-8650U) karena tipe U ini hanya untuk pengolahan system yang ringan. Untuk itu, disarankan memilih kode HQ (High Performance Graphics) untuk laptop gaming Lenovo.

2. Video Graphic Adapter (VGA)

Setelah memilih processor yang mumpuni, sekarang saatnya memilih bagian device yang menunjang visual grafik. Spesifikasi VGA ini berfungsi untuk memproses data menjadi grafis pada layar Anda. 

Terdapat dua brand yang memproduksi VGA, yaitu Nvidia dan AMD. Keduanya memiliki keunggulan masing-masing. Spesifikasi terbaik untuk gaming adalah VGA yang terbaru pada generasinya.

3. Random Access Memory (RAM)

RAM ini berfungsi sebagai tempat sementara pengolahan data. Saat game dijalankan, terdapat berbagai data yang akan diproses. Dengan ini RAM akan membantu pengolahan data dengan cepat. Tentunya kecepatan yang dilakukan RAM sesuai dengan spesifikasinya. Untuk laptop gaming Anda harus memiliki RAM minimal sebesar 8 GB dengan kecepatan minimal 1600 MHz.

4. Hard Disk Drive (HDD) dan Solid State Drive (SSD)

Hardware merupakan tempat penyimpanan semua data pada komputer Anda. Memori game yang rilis pada tahun 2019 ke atas bisa mencapai 20 GB atau lebih. Untuk itu, Anda harus memiliki HDD yang cukup besar. Kapasitas HDD yang terbaru untuk laptop saat ini bisa mencapai 60 TB. 

Untuk keperluan gaming, Anda membutuhkan 1 TB atau 2 TB. Perbedaan HDD dan SSD terletak pada kecepatan dan daya tahannya. HDD memiliki kepingan piring yang di dalamnya merupakan tempat tersimpannya data. Saat data dibaca kepingan tersebut akan berputar. 

Namun, SSD tidak terdapat piringan dan hanya berbentuk seperti flashdisk dengan kapasitas yang besar. Dengan perbedaan bentuk tadi, tentunya SSD memiliki kecepatan yang lebih besar dibanding HDD.

5. Harga Laptop

Harga laptop dengan spesifikasi terbaru cenderung lebih mahal. Untuk itu, Anda dapat menyesuaikan keuangan Anda dengan laptop yang diinginkan. Ada banyak merk laptop yang menyediakan spesifikasi gaming yang standar sampai tertinggi. 

Harga yang ditawarkan pada laptop gaming standar harganya mencapai 10 juta rupiah keatas. Untuk harga laptop gaming spesifikasi yang tinggi bisa dibandrol dengan harga 20 juta keatas.

Ada beberapa komponen tambahan yang harus Anda pertimbangkan pada laptop gaming Lenovo seperti resolusi layar, kualitas audio, dan lain-lain. Komponen tambahan ini bisa diatur sesuai dengan kebutuhan Anda masing-masing. 

Demikianlah lima tips dalam memilih laptop gaming yang super gahar. Semoga bermanfaat. 

0 comments:

Post a Comment